Langsung ke konten utama

Tata Cara Penulisan Rumus Excel

Pada dasarnya, agar berjalan dengan baik, excel memiliki tata cara penulisan sintaks atau rumus yang hampir sama, kandungannya, dan komponennya. Yuk kita simak contohnya di bawah ini:

=MATCH(lookup_value,lookup_array,[match_type])

Nama Fungsi

Match merupakan nama fungsi. 

Nama fungsi berguna untuk memberitahu excel jenis operasi apa yang akan dilakukan. Fyi, Excel memiliki kurang lebih 500 fungsi yang masing-masing dirancang untuk mengerjakan tugas yang sangat spesifik.

Dari kesemua fungsi bisa disimpulkan bahwa nama fungsi tidaklah case sensitive, yang artinya tidak peduli apakah fungsi tersebut ditulis dalam huruf kapital atau bukan, fungsi tersebut akan bisa beroperasi.

Operator

Untuk beberapa operasi artimatik, nama fungsi ini tidak diperlukan. misalnya untuk perhitungan penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian seperti berikut ini:

=A1*A1

=A1/A2

=A1>A2

dan semacamnya. Operator tersebut bisa berdiri sendiri sehingga tidak memerlukan tambahan fungsi.

Argumen

(lookup_value,lookup_array,[match_type]) <<< adalah argumen.

Fungsi diikuti oleh argumen yang memerintahkan excel untuk melakukan tugasnya lebih spesifik lagi. Argumen bervariasi berdasarkan fungsinya dan menyajikan excel dengan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi hasil.

Sebagai catatan, tidak semua argumen dibutuhkan. Argumen yang bersifat opsional ditandai dengan [] brackets. Kebanyakan fungsi memiliki sekurang-kurangnya satu argumen, tapi sebagian yang lain tidak membutuhkannya. Contohnya seperti ROW(), COLUMN(), TODAY(), NOW().

Jangan khawatir untuk menghafal argumen dari tiap fungsi, karena ketika kita mulai menulis fungsi, maka akan ada kotak kecil yang menyertai untuk memandu Anda, dengan memberi saran pada setiap argumen. Tools ini sangat membantu.


---

Sekian untuk artikel ini. Jika memiliki pertanyaan atau saran-saran untuk artikel selanjutnya, jangan sungkan untuk menuangkannya dalam kolom komentar.

Terima kasih.

Have a nice day! :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Error Paling Sering Muncul di Ms.Excel - Penyebab dan Solusinya

 Sehebat-hebatnya Anda menggunakan ms.Excel, pasti pernah mendapatkan pesan error. Semua orang pernah melakukan kesalahan.  Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk merangkum berbagai pesan Error yang sering muncul ketika kita berkerja dengan ms.excel, beserta penyelesaiannya untuk diterapkan pada ms.excel. Daftar isi : Tanda Pagar (#####) #Name? #Value! #Div/0 #REF! #N/A Tanda Pagar (#####) Error dengan bentuk tanda pagar yang berbaris ##### di ms.excel menandakan bahwa kolom tidak cukup luas untuk menampilkan isi cell. Solusinya cukup dengan memperlebar atau memperluas kolom agar isi cell dapat terlihat seluruhnya. Bila terlalu panjang bisa dengan menggunakan fungsi wrap text. #Name? Error #Name? pada Excel berarti ms.excel tidak mengenali text dalam rumus. Pastikan nama rumus yang digunakan sudah benar. Tanda kutip, koma dan titik koma sudah pada tempatnya. #Value! Error #Value! pada excel menandakan ada kesalahan tipe data pada argumen. Periksa apakah rumus Anda tidak mencoba mel

Mengubah Baris Menjadi Kolom

Ketika bekerja dengan ms.excel mungkin Anda ingin mengubah data pada kolom menjadi baris. Jika melakukannya secara manual dengan copy dan paste, pasti sangat melelahkan jari jemari Anda. Excel memiliki fitur khusus untuk menangani kasus ini.  Mulailah dengan menyorot kolom yang ingin Anda ubah urutannya menjadi baris.  Klik kanan, lalu pilih "Salin".  Selanjutnya, pilih sel pada spreadsheet di mana Anda ingin baris atau kolom pertama dimulai.  Klik kanan pada sel, lalu pilih "Tempel Spesial".  Sebuah modul akan muncul - di bagian bawah, Anda akan melihat opsi untuk mengubah urutan. (Transpose)  Centang kotak itu dan pilih OK. Kolom Anda sekarang akan dipindahkan ke baris atau sebaliknya.  Alhamdulillah, kini data pada baris telah berubah menjadi kolom. Terima kasih telah mampir. have a nice day :)